KAMPUS PELOPOR ROBOTIC DI LAMPUNG – UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA

Robotic Itu Apa

Robotic atau robotika adalah ilmu yang mempelajari tentang desain, pembuatan, dan penggunaan robot atau mesin yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu secara otomatis dengan mengikuti instruksi yang telah diprogram sebelumnya. Robot atau mesin tersebut dilengkapi dengan sensor, motor, dan kontroler yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dan melakukan tugas-tugas yang kompleks seperti pengelasan, pengeboran, dan bahkan penerbangan. Robotik sering digunakan dalam berbagai industri seperti manufaktur, pertanian, kesehatan, dan transportasi, serta dalam eksplorasi luar angkasa dan lingkungan yang tidak bersahabat dengan manusia. Dalam perkembangannya, robotik terus berkembang dan menjadi semakin canggih, terutama dengan adanya perkembangan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), sensorik, dan pemrosesan data yang lebih cepat.

Alasan Teknokrat Menjadi Kampus Pelopor Robotic di Lampung

Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) diakui sebagai kampus pelopor robotic di Lampung, Indonesia. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, UTI memiliki Program Studi Informatika dan Teknik Elektro yang secara khusus memfokuskan pada pengembangan teknologi robotika. Kurikulum yang ditawarkan oleh kedua program studi tersebut telah disusun dengan cermat dan memperhatikan perkembangan terbaru dalam bidang robotika, sehingga lulusannya siap untuk bekerja di bidang ini. Selain itu, UTI memiliki laboratorium robotik yang lengkap dan memadai, yang memungkinkan mahasiswa untuk mempraktikkan teori yang telah dipelajari. UTI juga memiliki Pusat Penelitian dan Pengembangan yang berfokus pada pengembangan teknologi robotika yang inovatif dan berdampak positif bagi masyarakat. Seluruh faktor ini menghasilkan lulusan UTI yang berkualitas dan siap untuk bersaing di dunia kerja, khususnya di industri robotika dan teknologi informasi. Karena itu, UTI dianggap sebagai salah satu kampus terkemuka dalam pengembangan teknologi robotika di Indonesia.

Prestasi Universitas Teknokrat Indonesia di Bidang Robotic

Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) telah mencatat beberapa prestasi yang signifikan di bidang robotika. Beberapa prestasi yang telah diraih UTI antara lain:

  1. Juara 2 Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2019 kategori Humanoid Soccer dan Juara 3 kategori Home Service Robot.
  2. Juara 1 pada ajang Kompetisi Robot Indonesia (KRI) 2018 kategori Soccer Humanoid dan kategori Soccer Autonumous.
  3. Meraih penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai Perguruan Tinggi dengan kategori perguruan tinggi berkinerja tinggi (PTKIN) bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada tahun 2017.

Prestasi-prestasi tersebut menunjukkan bahwa UTI mempunyai kompetensi dan kualitas yang sangat baik di bidang robotika dan berupaya untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif di bidang teknologi robotika di Indonesia.

KAMPUS PELOPOR ROBOTIC DI LAMPUNG – UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA
Scroll to top